Tutorial Blog, Tips Blogging, SEO, Belajar Syntax HTML, PHP, CSS, dan Aktifitas Coding Lainnya

Penting! Tips SEO Dasar untuk Blog

Penting! Tips SEO Dasar untuk Blog - Ada banyak motivasi seseorang menjadi blogger. Ada yang hanya sekedar iseng, sebagai archive di dunia maya, catatan pribadi, diary, dan sebagainya. Mereka umumnya tidak peduli dengan banyak tidaknya pengunjung yang mampir. Tapi ada juga blogger yang memang sejak awal tujuannya membuat blog adalah agar mendapat pengunjung yang banyak, kemudian blog nya bisa dimonetisasi.

Kalau kamu tipe blogger yang kedua, di sini sinahu coding akan membagikan tips Search Engine Optimation (SEO) dasar untuk blog. Ini penting, apalagi jika banyak tulisan sejenis yang setopik dengan tulisanmu. Karena tulisan yang dipublish ke internet itu sangat banyak. Sehingga untuk bisa kompetitif di hasil pencarian search engine, kamu perlu menerapkan tips SEO. Kamu bisa memulainya dengan beberapa tips SEO dasar berikut ini.

Tips SEO Dasar


Tips SEO Dasar Blogspot Ampuh


1. Optimalkan Custom Permalink Saat Posting


Custom permalink adalah cara untuk merubah tautan permanen dengan tautan permanen khusus yang kita inginkan. Tips nya sudah di bahas di Custom Permalink, Tips SEO yang sering terlupakan.

2. Atur keyword density, Kepadatan Kata Kunci


Keyword atau kata kunci adalah aspek penting yang akan membuat tulisan kita kelihatan fokus dan konsen di mata mesin pencari. Sehingga search engine akan lebih berpihak untuk menampilkannya di hasil pencarian.

Namun menentukan keyword yang akan dibidik juga ada aturannya. Jangan terlalu banyak, jangan juga terlalu sedikit. Terlalu banyak akan dianggap spam, terlalu sedikit juga tidak memberi pengaruh apapun. Lalu bagaimana? pastikan keyword yang kamu taruh di posting total keseluruhannya 2% saja dari total semua kata. Ini juga sudah disinggung pada postingan Cara Membuat Postingan SEO Friendly.

3. Cantumkan Label pada Setiap Posting


Label berfungsi untuk mengkategorikan setiap postingan pada kategori tertentu. Misal kamu membuat artikel "cara membuat kue dengan mudah", kamu bisa mencantumkan label "kue" atau "memasak". Cantumkan 2-3 label lebih bagus.

Ini nanti imbasnya pada tampilan related posts / artikel terkait. Belum tahu apa itu related posts? Bisa simak di Cara Membuat Related Posts Mudah.

4. Merubah Format Judul Posting Blog


Agar title blog kamu lebih SEO Friendly, ganti kode title berikut

<title><data:blog.pagetitle/></title>

menjadi

<b:if cond= 'data:blog.pageType == &quot;index&quot;'>
<title><data:blog.title/></title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageName/></title>
</b:if>

Kalau sudah seperti itu formatnya, berarti tidak perlu lagi merubahnya.

5. Keterangan pada Image


Saat kamu membuat postingan yang memuat gambar, pastikan "title text" dan "alt text" nya terisi. Jangan sampai dibiarkan kosong tanpa deskripsi. Cantumkan kata kunci juga di bagian ini. Ini juga bisa membantu optimasi SEO blog. Seringkali Tips SEO ini diabaikan.

6. Manfaatkan Meta Description


Pastikan juga saat kamu menulis posting, isi deskripsi singkatnya. Letakkan keyword juga di sini. Posisi untuk mengisi deskripsi ada di sidebar kanan tempat edit posting. Jika belum muncul kamu bisa melakukan settingan berikut ini :

Setting > Basic > Meta Tags > Description, lalu pilih "Yes" Enable search description

Jika dioptimalkan dengan baik, ini bisa menjadi Tips SEO ampuh untuk postingan kamu merangsek di hasil pencarian.

7. Pilih "Nofollow" untuk Link Eksternal


Pada saat menulis postingan dan ada bagian kata atau kalimat tertentu yang ingin kamu cantumkan link di sana, pilih yang "NoFollow", bukan "DoFollow".

Itulah beberapa Tips SEO dasar yang perlu kamu terapkan. Memang tidak ada yang pasti dalam SEO. Tapi setidaknya tulisan yang kita publish berbau SEO, daripada tidak sama sekali. Semoga bermanfaat.



0 Komentar untuk "Penting! Tips SEO Dasar untuk Blog"

Back To Top