Tutorial Blog, Tips Blogging, SEO, Belajar Syntax HTML, PHP, CSS, dan Aktifitas Coding Lainnya

HTML Form, Atribut dan Fungsinya

Pada postingan sebelumnya, sinahu coding sudah membahas Pengenalan HTML Form dan Input Type nya. Sekarang kita lanjutkan dengan mengenal atribut pada html form dan fungsinya. Ada action attribute, method attribute, dan juga name attribute. Berikut contoh strukturnya :


<form action="contoh_action.php" method="get">
First name:<br>
<input type="text" name="nama depan" value="Kucing">
<br>
Last name:<br>
<input type="text" name="nama belakang" value="Edan">
<br><br>
<input type="submit" value="Submit">
</form>

dari struktur kode tersebut maka akan menghasilkan seperti ini :

First name:

Last name:



Action Attribute



Action attribute pada HTML Form berfungsi untuk mendefinisikan tindakan apa yang akan dilakukan ketika formulir dikirimkan. Umumnya untuk menyerahkan data ke server adalah dengan menggunakan tombol submit sebagaimana sudah dibahas pada postingan sebelumnya. Dengan kata lain, action attribute ini artinya mau dieksekusi ke mana data itu ketika tombol submit diklik. Dalam contoh di atas, server yang ditentukan untuk menangani formulir yang diajukan adalah ke halaman contoh_action.php


<form action="contoh_action.php">

Method Attribute



Ada dua method, yaitu GET dan POST. Apa bedanya? method GET pada HTML Form digunakan jika pengiriman data bersifat pasif, Bila kamu menggunakan method GET maka data yang dikirim akan terlihat pada page address. Misalnya saja permintaan pada mesin pencari. Sebagai contoh di bawah ini contoh pencarian di gudang musik dengan mengetikkan keyword goyang dumang.

contoh html form

maka hasil input data yang terlihat di page address seperti ini :

contoh html form

Hasil yang kita input terlihat di page addres, yang berarti menggunakan method GET. Pada contoh tersebut, data yang diinput dikirim ke halaman carilagu.php

Sedangkan method POST digunakan jika data yang dikirimkan bersifat informasi yang sensitif. Misalnya password. Maka yang diinput dengan method POST ini tidak akan terlihat di page address.

Note : jika form method dikosongkan maka secara default akan dikenal sebagai method GET.

Name Attribute



Name attribute pada HTML Form berada di elemen input. Agar data yang dikirimkan bisa diterima dengan valid, maka masing-masing bidang input harus memiliki name atribut. Jika tidak dicantumkan name attributnya maka tidak akan diproses oleh form action.

Itulah sedikit pembahasan tentang kelanjutan dari HTML Form tentang attribute dan fungsinya, semoga bermanfaat untuk konco sinahu semua.



4 Komentar untuk "HTML Form, Atribut dan Fungsinya"

Kebetulan lagi belajar php.., ninggalin jejak dulu ya sob

lagi cari2 referensi tentang kegunaan action pada form html nih, mantabs ulasannya singkat jadi mudah dipahami :)

Gan saya mw bertny. Bagaimana rumus htmlnya agar dr formulir pemesanan bisa nyambung ke ucapan terima kasih
Ditoko online? Tolong bntuanny gan. Saya tdk tw soalnya wktu saya klik bayarkan tiba2 gk konek ke slanjutnya. Artinya gk bisa nyambung sampai selesai proses pemesanannya

Back To Top