Tutorial Blog, Tips Blogging, SEO, Belajar Syntax HTML, PHP, CSS, dan Aktifitas Coding Lainnya

Custom Permalink Posting yang Sudah Publish

Custom permalink adalah merubah secara manual tautan permanen posting dengan tautan khusus yang kita inginkan. Sebagaimana saya sampaikan sebelumnya, custom permalink adalah salah satu tips SEO yang seringkali dilupakan oleh sebagian besar blogger. Padahal bisa kita gunakan untuk optimasi SEO, misalnya dengan memperpendek, membuang kata yang tidak perlu, dan juga memasukkan keyword. Dan itu semua sudah saya bahas di Custom Permalink, Tips SEO Posting yang Terabaikan.

cara custom permalink

Sekarang yang menjadi persoalan, bagaimana jika postingan sudah terlanjur dipublish, sementara kita belum sempat melakukan perubahan permalink. Apakah masih bisa? tentu saja masih. Tidak perlu membuat posting yang baru lagi. Cukup melakukan sedikit editing dan posting siap publish kembali dengan tautan SEO Friendly.




Cara Praktis Mengubah Permalink


  1. Klik EDIT pada posting
  2. Klik menu "Revert to Draft / Kembalikan ke Draft" di bagian kanan atas.
  3. Pada sidebar kanan Klik "Link" => "Tautan permanen khusus"
  4. Edit judul posting di sana. Tiap kata dipisah dengan tanda strip (-). Jangan lupa hilangkan kata-kata yang tidak perlu, misal kata sambung.
  5. Klik "Publish"


Selesai! sekarang postingan sudah publish dengan link tautan yang SEO Friendly. Tapi sebelum publish, pastikan kamu juga sudah menerapkan tips membuat posting SEO Friendly pada tulisan yang akan diterbitkan.

Kalau sudah, sekarang tinggal menunggu hasil dan perkembangannya di mesin pencari. Semoga sukses dah.



1 Komentar untuk "Custom Permalink Posting yang Sudah Publish"

Back To Top