Tutorial Blog, Tips Blogging, SEO, Belajar Syntax HTML, PHP, CSS, dan Aktifitas Coding Lainnya

Kode Verifikasi Captcha pada Komentar Blog

Kode Verifikasi Captcha pada Komentar Blog - Kita pasti sering mendapati pada beberapa situs yang meminta konfirmasi dengan memasukkan beberapa kode kombinasi antara angka dan huruf. Misalnya saat sign up/register di situs tertentu, ketika login, untuk submit komentar, dan sebagainya.

Itulah yang kita kenal dengan CAPTCHA (Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart), suatu mekanisme untuk memastikan bahwa yang bersangkutan adalah benar-benar manusia, bukan robot/mesin. Fungsi dari kode verifikasi Captcha ini adalah untuk mencegah spam. Karena memang ada beberapa orang yang menggunakan software tertentu untuk menyebarkan spam ke situs-situs lain, biasanya melalui komentar. Nah, dengan mengaktifkan kode verifikasi captcha ini maka program spammer tidak akan bisa lolos.

Itu sisi positifnya. Namun ada juga sebagian yang beranggapan bahwa pengaktifan kode verifikasi pada komentar blog itu terlalu berlebihan dan menyulitkan pengunjung. Sehingga blog nya menjadi kurang bersahabat bagi beberapa pengunjung yang ingin meninggalkan komentar.

Yah itu tergantung pilihan konco sinahu semua. Tapi menurut saya, untuk kesehatan blog tidak ada salahnya mengaktifkan kode verifikasi captcha. Toh gak begitu sulit juga, kalau memang pengunjung merasa perlu memberikan komentar ya pasti tidak merasa itu menyulitkan. Untuk membersihkan dan membasmi spam pada kotak komentar, kamu juga perlu membaca ini Membasmi Spam Link pada Kotak Komentar.

Mengaktifkan Kode Verifikasi Captcha pada Komentar Blog


1. Login ke Blogger

2. Masuk ke Setelan => Pos dan Komentar

3. Pada bagian "Tampilkan verifikasi kata" pilih "Ya" untuk mengaktifkan dan "Tidak" untuk menonaktifkan

kode verifikasi captcha


4. Klik simpan

Itulah tutorial sederhana untuk mengaktifkan kode verifikasi captcha pada komentar blog. Semoga blog konco sinahu menjadi lebih baik lagi.



0 Komentar untuk "Kode Verifikasi Captcha pada Komentar Blog"

Back To Top