Tutorial Blog, Tips Blogging, SEO, Belajar Syntax HTML, PHP, CSS, dan Aktifitas Coding Lainnya

Membasmi Link Aktif pada Kotak Komentar

Membasmi Link Aktif pada Kotak Komentar - Mungkin kita sering menerima komentar di blog yang menyertakan link aktifnya pada komentar yang ditulis. Padahal yang seperti kalau dibiarkan bisa mempengaruhi reputasi blog kita.

Salah satu hal yang bisa mempengaruhi pagerank blog adalah perbandingan jumlah antara link-in dan link-out. Link-in adalah link dari internal blog kita. Misalnya link dari artikel sebelumnya yang terkait dengan pembahasan. Sedangkan link-out itu adalah link yang berasal dari luar domain blog kita. Misalnya orang berkomentar kemudian meninggalkan link aktifnya nya di kotak komentar.

Membasmi Link Aktif pada Kotak Komentar


Kalau pada suatu artikel blog itu link-outnya lebih besar daripada link-in, maka artikel akan sulit mendapatkan pagerank yang bagus. Itu artinya blog kita secara keseluruhan juga terkena dampaknya. Dan yang menyebabkan link-out lebih besar itu biasanya banyaknya link aktif yang bertebaran di kotak komentar. Ada sebagian blogger yang menggunakan cara seperti itu untuk mendapatkan banyak backlink. Tapi sebenarnya itu cara yang tidak etis. Atau biasa kita sebut spam. Kalau kamu ingin mendapat banyak backlink cobalah ini Tips Cara Memperbanyak Backlink.

Maka yang harus kita lakukan adalah membersihkan link aktif tersebut dari kotak komentar. Beberapa template sudah ada yang menambahkan fitur anti spam ini. Tapi kalau template blog kamu masih belum mengaktifkan anti spam pada kotak komentar, masih banyak kamu dapati spam link aktif pada kotak komentar, maka solusinya ikuti langkah-langkah berikut ini.

Cara Membasmi Link Aktif pada Kotak Komentar


  1. Login ke blogger
  2. Buka Template => Edit HTML
  3. Cari kode ]]></b:skin> dan letakkan kode berikut ini di atasnya :

  4. 
    #comments p a {display:none;}
    

  5. Kemudian cari kode </head> dan letakkan kode berikut diatasnya :

  6. 
    <script src='https://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.7.2/jquery.min.js' type='text/javascript'/>
    <script type='text/javascript'>
    jQuery(document).ready(function(){
     jQuery("#comments p").find("a").replaceWith("<span>Peringatan: Link aktif otomatis terhapus</span>");
    });
    </script>
    

  7. Save Template dan lihat hasilnya

Sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi. Karena setiap link yang disertakan pada kotak komentar nantinya akan menjadi teks biasa, bukan link aktif. Sehingga kamu tidak perlu lagi sibuk memeriksa dan menghapus satu per satu komentar spam secara manual.



0 Komentar untuk "Membasmi Link Aktif pada Kotak Komentar"

Back To Top