Tutorial Blog, Tips Blogging, SEO, Belajar Syntax HTML, PHP, CSS, dan Aktifitas Coding Lainnya

Cara Pasang Script Anti Copas pada Blog

Cara Pasang Script Anti Copas pada Blog - Internet menjadi media publikasi yang sangat populer saat ini. Khususnya melalui media web blog. Aktifitas blogging semakin hari memang semakin meningkat. Terbukti dengan peningkatan pengguna blog yang sangat pesat. Tampaknya masyarakat kita sudah sadar akan peran penting sebuah blog sebagai media publikasi yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Mulai kalangan pelajar, mahasiswa, dan profesional semakin akrab dengan blog.

Namun perlu kita sadari bahwa artikel yang dipublish ke media online sangat rentan terhadap tindakan plagiarisme (menjiplak). Tindakan plagiat pada karya tulis sangat mudah dilakukan hanya dengan mengcopy paste sebuah tulisan. Oleh karena itu, jika kita menginginkan tulisan yang kita publish ke blog terhindar dari tindakan plagiat maka perlu memasang fitur anti copas.

script anti copas


Tapi kalau sejak awal kita tidak mempermasalahkan, artinya siapapun boleh copy paste tulisan meskipun tanpa seizin kita, ya maka tidak perlu memasang fitur anti copas pada blog ini.

Memasang Fitur Anti Copas di Blog


Untuk menambahkan fitur ini ke dalam blog caranya sangat mudah. Hanya dengan menambahkan sedikit script ke dalam template. Script anti copas yang sinahu coding bagikan di sini ada dua jenis :

1. Anti Copy Paste Jenis 1


Script anti copas jenis pertama ini digunakan jika kamu menginginkan hanya pada bagian tertentu saja yang tidak bisa dicopy. Jadi kamu bisa menentukan bagian mana yang boleh dicopy dan yang tidak. Berikut caranya :

1. Login Blogger
2. Pilih Template => Edit HTML
3. Cari kode ]]></b:skin> atau </style> dan letakan script kode berikut ini diatas kode ]]></b:skin> atau </style>.


.do-not-copy {
  -webkit-user-select:none;
  -khtml-user-select:none;
  -moz-user-select:none;
  -ms-user-select:none;
  user-select:none;
}

4. Save Template

Cara penggunaannya yaitu gunakan mode html saat menulis postingan dan tambahkan kode berikut untuk bagian yang tidak ingin dicopas.


<div class="do-not-copy"> isi artikel Anda yang tidak ingin dicopas </div>

2. Anti Copy Paste Jenis 2


Jenis script anti copas yang ke dua ini digunakan jika kamu ingin semua postingan tidak bisa dicopy. Caranya adalah sebagai berikut :

1. Pilih Template => Edit HTML
2. Cari kode </head> dan letakan Letakan script berikut ini dibawah kode </head>.


<script type="text/javascript">
if (typeof document.onselectstart!="undefined") {
document.onselectstart=new Function ("return false");
}
else{
document.onmousedown=new Function ("return false");
document.onmouseup=new Function ("return true");
}
</script >

3. Simpan Template

Dengan script anti copas yang ke dua ini, setiap posting yang kamu buat tidak akan bisa dicopy. Tidak ada script tambahan seperti jenis pertama. Kamu hanya tinggal menulis postingan seperti biasa.

Itulah cara untuk memasang script anti copy paste pada blog. Semoga tutorial ini bermanfaat untuk menambah proteksi pada postingan blog kamu.



0 Komentar untuk "Cara Pasang Script Anti Copas pada Blog"

Back To Top