Cara melakukan riset keyword - Tantangan terberat menjadi
seorang blogger adalah konsistensi. Memulai sebuah blog itu mudah. Tapi untuk menjaga
blog agar tetap konsisten menghasilkan postingan-postingan secara rutin itu
yang susah. Padahal, merawat dan menghidupi blog dengan update postingan adalah
hal terpenting agar blog tetap kompetitif di mesin pencari.
Kamu pasti ingin agar blog yang kamu kelola tetap kompetitif
dan selalu ramai pengunjung. Apalagi jika kamu adalah seorang publisher iklan,
mendatangkan banyak pengunjung tentu sangat penting. Meskipun kamu bisa
mendatangkan pengunjung melalu media social, tapi yang paling berkualitas adalah
pengunjung yang datang melalui search engine (mesin pencari). Karena itu adalah
natural traffic, dan rate yang kita peroleh juga lebih tinggi.
Biasanya pengunjung akan mencari informasi melalui mesin
pencari. Di situ mereka mengetikkan kata kunci untuk mendapatkan informasi yang
mereka inginkan. Nah, bagaimana caranya menemukan ide postingan yang banyak
dicari pengunjung dan sedang populer? Kita bisa melakukan riset keyword untuk
mengetahui keyword apa yang banyak dicari pengunjung dan keyword apa yang
sedang populer. Riset keyword ini sangat penting, karena menulis dengan keyword
yang tepat akan mendatangkan pengunjung yang banyak.
Cara Mengetahui Keyword yang Banyak Dicari di Google
Ada beberapa cara melakukan riset keyword yang bisa kamu
lakukan untuk menemukan keyword yang sedang populer dan banyak dicari
pengunjung di google.
1. Google Trends
Cara melakukan riset keyword yang pertama adalah melalui
Google Trends. Caranya sebagai berikut :
- Kunjungi http://www.google.com/trends/explore
- Setelah masuk, di sana kita langsung bisa melihat hasilnya. Seperti keyword yang sedang naik daun beserta statistiknya. Kamu bisa mengubah pengaturannya untuk mendapatkan hasil yang lebih spesifik. Seperti mengubah Lokasi Negara, Tahun, dan Jangka waktu yang diinginkan.
- Selanjutnya kamu bisa menentukan kategori: Bisnis, Hobi, Internet, Kecantikan, Kesehatan, Komputer, Makanan, Olahraga, Permainan, dan lain sebagainya.
- Sekarang tinggal kamu lihat hasilnya dan pilih keyword yang ingin kamu lihat statistiknya.
2. Google Adword Keyword Planner
Melakukan riset keyword juga bisa melalui Google adword
keyword planner. Caranya sebagai berikut :
- Kunjungi http://adwords.google.com/KeywordPlanner#start
- Sign in dengan akun Gmail
- Ketik keyword yang ingin kamu lihat statistiknya pada menu “Get search volume data and trands”. Keyword lebih dari satu silahkan dipisah dengan tanda koma.
- klik “get search volume”. Nanti akan muncul grafik jumlah pencarian rata-rata per bulan dan juga tingkat persaingannya di mesin pencari (rendah, sedang, tinggi)
3. Google Search
Selanjutnya cara melakukan riset keyword untuk mengetahui
kata kunci yang banyak dicari dan sedang populer melalui google search. Caranya
sangat mudah, yaitu dengan menuliskan beberapa kata pada kotak pencarian
google, dan google secara otomatis akan memberikan beberapa saran referensi
keyword terkait yang banyak dicari oleh pengunjung.
4. Google Penelusuran Terkait
Sama dengan teknik riset keyword melalui google search, riset
keyword melalui google penelusuran terkait juga berupa kata kunci yang
disarankan oleh google. Hanya bedanya, pada google penelusuran terkait ini,
keyword yang disarankan muncul di bagian paling bawah setelah barisan beberapa
situs hasil penelusuran. Beberapa keyword yang muncul pada google penelusuran terkait
ini bisa kamu jadikan referensi untuk ditambahkan ke dalam penulisan artikel.
Itulah beberapa cara Melakukan riset keyword untuk
mengetahui kata kunci yang sedang populer di google. Semoga bermanfaat untuk
membantu kamu menemukan ide tulisan dan menentukan keyword yang tepat ke dalam
artikel yang akan kamu posting.
0 Komentar untuk "Cara Melakukan Riset Keyword yang Sedang Populer di Google"