Tutorial Blog, Tips Blogging, SEO, Belajar Syntax HTML, PHP, CSS, dan Aktifitas Coding Lainnya

Cara Melakukan Riset Keyword yang Sedang Populer di Google

Cara melakukan riset keyword - Tantangan terberat menjadi seorang blogger adalah konsistensi. Memulai sebuah blog itu mudah. Tapi untuk menjaga blog agar tetap konsisten menghasilkan postingan-postingan secara rutin itu yang susah. Padahal, merawat dan menghidupi blog dengan update postingan adalah hal terpenting agar blog tetap kompetitif di mesin pencari.

Kamu pasti ingin agar blog yang kamu kelola tetap kompetitif dan selalu ramai pengunjung. Apalagi jika kamu adalah seorang publisher iklan, mendatangkan banyak pengunjung tentu sangat penting. Meskipun kamu bisa mendatangkan pengunjung melalu media social, tapi yang paling berkualitas adalah pengunjung yang datang melalui search engine (mesin pencari). Karena itu adalah natural traffic, dan rate yang kita peroleh juga lebih tinggi.

Biasanya pengunjung akan mencari informasi melalui mesin pencari. Di situ mereka mengetikkan kata kunci untuk mendapatkan informasi yang mereka inginkan. Nah, bagaimana caranya menemukan ide postingan yang banyak dicari pengunjung dan sedang populer? Kita bisa melakukan riset keyword untuk mengetahui keyword apa yang banyak dicari pengunjung dan keyword apa yang sedang populer. Riset keyword ini sangat penting, karena menulis dengan keyword yang tepat akan mendatangkan pengunjung yang banyak.

Cara Mengetahui Keyword yang Banyak Dicari di Google


Ada beberapa cara melakukan riset keyword yang bisa kamu lakukan untuk menemukan keyword yang sedang populer dan banyak dicari pengunjung di google.

1. Google Trends


Cara melakukan riset keyword yang pertama adalah melalui Google Trends. Caranya sebagai berikut :

melakukan riset keyword

  • Kunjungi http://www.google.com/trends/explore
  • Setelah masuk, di sana kita langsung bisa melihat hasilnya. Seperti keyword yang sedang naik daun beserta statistiknya. Kamu bisa mengubah pengaturannya untuk mendapatkan hasil yang lebih spesifik. Seperti mengubah Lokasi Negara, Tahun, dan Jangka waktu yang diinginkan.
  • Selanjutnya kamu bisa menentukan kategori: Bisnis, Hobi, Internet, Kecantikan, Kesehatan, Komputer, Makanan, Olahraga, Permainan, dan lain sebagainya.
  • Sekarang tinggal kamu lihat hasilnya dan pilih keyword yang ingin kamu lihat statistiknya.


2. Google Adword Keyword Planner


Melakukan riset keyword juga bisa melalui Google adword keyword planner. Caranya sebagai berikut :

melakukan riset keyword

  • Kunjungi http://adwords.google.com/KeywordPlanner#start
  • Sign in dengan akun Gmail
  • Ketik keyword yang ingin kamu lihat statistiknya pada menu “Get search volume data and trands”. Keyword lebih dari satu silahkan dipisah dengan tanda koma.
  • klik “get search volume”. Nanti akan muncul grafik jumlah pencarian rata-rata per bulan dan juga tingkat persaingannya di mesin pencari (rendah, sedang, tinggi)


3. Google Search


melakukan riset keyword


Selanjutnya cara melakukan riset keyword untuk mengetahui kata kunci yang banyak dicari dan sedang populer melalui google search. Caranya sangat mudah, yaitu dengan menuliskan beberapa kata pada kotak pencarian google, dan google secara otomatis akan memberikan beberapa saran referensi keyword terkait yang banyak dicari oleh pengunjung.


4. Google Penelusuran Terkait


melakukan riset keyword


Sama dengan teknik riset keyword melalui google search, riset keyword melalui google penelusuran terkait juga berupa kata kunci yang disarankan oleh google. Hanya bedanya, pada google penelusuran terkait ini, keyword yang disarankan muncul di bagian paling bawah setelah barisan beberapa situs hasil penelusuran. Beberapa keyword yang muncul pada google penelusuran terkait ini bisa kamu jadikan referensi untuk ditambahkan ke dalam penulisan artikel.

Itulah beberapa cara Melakukan riset keyword untuk mengetahui kata kunci yang sedang populer di google. Semoga bermanfaat untuk membantu kamu menemukan ide tulisan dan menentukan keyword yang tepat ke dalam artikel yang akan kamu posting.



0 Komentar untuk "Cara Melakukan Riset Keyword yang Sedang Populer di Google"

Back To Top