Tutorial Blog, Tips Blogging, SEO, Belajar Syntax HTML, PHP, CSS, dan Aktifitas Coding Lainnya

Cara Mengaktifkan Mobile Version Template di Blogger

Cara mengaktifkan mobile version template di bloggerApa kabar konco sinahu? Lama tidak update tulisan di sinahu coding nih. Sedang sibuk selama Ramadhan. Kali ini masih tentang tutorial blogger. Sesuai judul di atas, bagaimana cara untuk mengaktifkan mobile version template di blogspot.

Mobile version template adalah bentuk tampilan mobile yang akan otomatis menyesuaikan ketika pengunjung membuka blog kita melalui gadget mobile seperti smartphone, tablet, dan semacamnya.

Mungkin sudah banyak yang tahu caranya, tapi barangkali masih ada sahabat kita yang baru berkecimpung di dunia blog dan masih bingung. Untuk itu sinahu coding kali ini akan membantu memecahkan kebingungan sahabat blogger yang masih kesulitan untuk mengaktifkan tampilan mobile pada blogger.

Ada dua jenis mobile version template sesuai dengan template yang kita gunakan. Yaitu apakah template yang kita gunakan adalah template responsive atau bukan?

Template Responsive


Template responsive adalah template yang tampilannya tersedia dalam versi desktop dan mobile, dan akan secara otomatis menyesuaikan sesuai perangkat yang digunakan untuk mengakses blog.

Untuk template responsive, ada dua jenis tampilan mobile yang bisa diterapkan. Yaitu mobile version default bawaan blogger dan custom mobile version bawaan template responsive. Hanya bisa menggunakan salah satunya. Artinya, jika mengaktifkan tampilan mobile default dari blogger maka tampilan mobile dari template responsive yang dipasang tidak akan berfungsi. Begitu juga sebaliknya.

Mengaktifkan Mobile Version Default Bawaan Blogger


Untuk mengaktifkan tampilan mobile default bawaan blogger caranya sangat mudah. Silahkan ikuti langkah-langkah mudah berikut :

  • Login ke Blogger
  • Masuk ke Template
Mobile Version Template
  • Nanti muncul seperti ini. Klik pada icon “gear”
Mobile Version Template
  • Kemudian akan tampak seperti ini. Pilih seperti yang sudah saya tandai merah. Di sini kamu juga bisa memilih tampilan mobile yang sudah disediakan blogger.
Mobile Version Template
  • Jika sudah klik “simpan”


Mengaktifkan Custom Mobile Version Bawaan Template Responsive


Untuk mengaktifkan tampilan mobile bawaan template responsive, caranya adalah dengan menonaktifkan tampilan mobile default bawaan blogger. Sama dengan langkah-langkah di atas, hanya pada langkah keempat diganti seperti ini :

Mobile Version Template


Untuk tes tampilan mobile bawaan template responsive, kamu bisa gunakan “restore down” pada browser.

Mobile Version Template


Itulah ulasan tentang cara mengaktifkan mobile version template pada blogger yang bisa sinahu coding share kali ini. Semoga bisa dipahami. Jika ada yang kurang jelas bisa kita diskusikan pada kolom komentar.



0 Komentar untuk "Cara Mengaktifkan Mobile Version Template di Blogger"

Back To Top