Tutorial Blog, Tips Blogging, SEO, Belajar Syntax HTML, PHP, CSS, dan Aktifitas Coding Lainnya

Membingkai Web Page dengan Tag iframe

Membingkai Web Page dengan Tag iframe - Tag <iframe> adalah tag html untuk membingkai halaman web. Dengan kata lain, menampilkan web dalam web. Syntax kode yang digunakan untuk membuat iframe adalah seperti ini :


<iframe src="URL"></iframe>

Untuk mengatur lebar dan tinggi iframe bisa dengan menambahkan atribut widht dan height. Value untuk ukuran lebar dan tinggi iframe secara default adalah dalam ukuran pixel. Tapi juga bisa dituliskan dalam persen, misal 50%.


<iframe src="/" width="200" height="200"></iframe>

Untuk mengatur border bisa ditentukan dalam ukuran pixel. Jika tidak ingin memberi border maka bisa ditulis border:none. Misal seperti ini :


<iframe src="/" style="border:5px dotted blue"></iframe>

Maka hasilnya adalah :


ketereangan :

src = untuk meletakkan alamat url halaman web yang ingin dibingkai. Jika diisi dengan tanda "/" maka akan mengarah ke homepage web tempat kode ini ditaruh.

dotted = salah satu jenis border, yaitu berbentuk titik-titik yang terputus-putus. Ada lagi jenis dashed (garis yang terputus-putus), solid (garis normal), dan double (double garis). Konco sinahu bisa mencobanya sendiri.

Tag <iframe> juga bisa digunakan untuk mentarget link. Misalnya seperti ini :


<iframe width="100%" height="300px" src="" name="bingkai"></iframe><p><a href="http://www.gudang-musik.com" target="bingkai">Gudangnya Download Musik coy</a></p>

Pada contoh tersebut, saya mengarahkan tulisan "Gudangnya Download Musik coy" ke arah link situs gudang musik. Ketika itu diklik maka halaman web Gudang Musik akan ditampilkan dalam iframe. Maka hasilnya akan seperti ini :

Gudangnya Download Musik coy

Itulah sedikit pengenalan tentang fungsi tag iframe untuk membingkai halaman web. Semoga ada manfaatnya.



0 Komentar untuk "Membingkai Web Page dengan Tag iframe"

Back To Top