Tutorial Blog, Tips Blogging, SEO, Belajar Syntax HTML, PHP, CSS, dan Aktifitas Coding Lainnya

Elemen HTML dan tag HTML, Pengertian dan Penggunaannya


Pengertian Elemen HTML dan Tag HTML


Secara sederhana, Elemen HTML adalah semua konten yang terletak di antara tag pembuka dan tag penutup. Nah, sedangkan Tag HTML, itu semacam label yang mengkategorikan elemen itu sebagai apa. Wah.. Mbulet ya bahasanya. Ok deh, lebih jelasnya coba lihat di bawah ini :

Contoh Penggunaan Elemen HTML dan Tag HTML


Tag Pembuka
Ini Elemen
Tag Penutup
<h1>
Aku Adalah Heading
</h1>
<p>
Aku Adalah Paragraf
</p>

Sudah sangat jelas kan setelah melihat tabel di atas?

Jadi, <h1> dan <p> itu disebut tag pembuka. Sedangkan </h1> dan </p> disebut tag penutup. Bedanya, kalau tag penutup harus diberi tanda slash alias garis miring alias garing.

Aturan Penulisan Tag HTML


Menulis tag HTML itu tidak boleh sembarangan, sudah ada pedoman bakunya untuk nama masing-masing tag. Misal, karena pengen tulisannya joget akhirnya membuat konten HTML dengan tag <joget>, itu tidak bisa. Harus sesuai EYD bahasa pemrograman. haha.. Prinsipnya, nama tag harus ditulis di antara tanda kurung sudut, istilah kerennya disebut angle brackets. Nanti pelan-pelan kita akan belajar tentang nama-nama tag HTML dan fungsinya.

Ok, itulah sedikit penjelasan yang bisa saya paparkan tentang elemen HTML dan tag HTML, Pengertian danPenggunaannya pada edisi sinahu koding kali ini.



0 Komentar untuk "Elemen HTML dan tag HTML, Pengertian dan Penggunaannya"

Back To Top