Tutorial Blog, Tips Blogging, SEO, Belajar Syntax HTML, PHP, CSS, dan Aktifitas Coding Lainnya

Jenis Input Type dalam Membuat Form (Bag 2)

Sedikit menyambung postingan sebelumnya tentang Jenis Input Type dalam Membuat Form, ada input type Number, Date, Password, dan Checkbox. Sekarang sinahu coding akan menambahkan beberapa jenis input type yang lain. Yaitu input type Button, Color, Range, dan Datetime-local.

Untuk konco sinahu yang mungkin baru mampir ke sini, ada baiknya menengok ulasan tentang pengenalan HTML Form, Attribute pada HTML Form, dan Membuat Form multi select.

Input Type Button


Input type button ini semacam fungsi tombol yang jika diklik akan muncul alert. Bunyi alert nya tergantung kita mau mengisinya dengan kata-kata apa. Contohnya seperti di bawah ini :


<input type="button" onclick="alert('Ada Boooommm Brooo...!')" value="Klik di Sini!">

hasilnya :



Input Type Color


Ini fungsinya untuk menginput warna. Sering kita jumpai pada situs-situs penyedia layanan membuat logo atau header online. Kalau diklik akan muncul beragam pilihan warna.


<form action="action.php">
  Pilih warna favoritmu :
  <input type="color" name="favcolor" value="#ff0000">
  <input type="submit">
</form>

hasilnya :

Pilih warna favoritmu :

Input Type Range


Range ini sama dengan number, untuk menginput nilai. Hanya saja kalau range tampilan medan input nya berbentuk range. Seperti contoh berikut :


<form action="action.php" method="get">
  Selera :
  <input type="range" name="points" min="0" max="10">
  <input type="submit">
</form>

hasilnya :

Selera :

Input Type datetime-local


Jika sebelumnya ada input type date. Yang ini hampir sama, datetime-local. Hanya lebih komplit. Karena bukan cuma input tanggal, tapi juga input waktu. Jika hanya ingin menampilkan input waktu, maka pada bagian input type nya tinggal diganti dengan input type="time".


<form action="action.php">
  Tanggal dan Waktu :
  <input type="datetime-local" name="bdaytime">
  <input type="submit" value="Send">
</form>

hasilnya :

Tanggal dan Waktu :

Akhirnya, tuntas sudah pembahasan tentang jenis input type dalam membuat form. Sebenarnya masih ada beberapa lagi. Hanya saja tidak begitu penting kegunaannya. Misalnya ada input type email, url, month, week, dan tel. Tapi kalau konco sinahu ingin mencobanya bisa dicoba sendiri dengan mengganti input type nya.



1 Komentar untuk "Jenis Input Type dalam Membuat Form (Bag 2)"

Gan. Gini. Aneh sudh coba copy paste source code yang agan posting seperti input type color. Tp pas ane coba kok gak bisa keluar ya pilihn warnanya. Apa harus online baru biaa keluar. Mohon penjelasnya ga.ln

Back To Top