Tutorial Blog, Tips Blogging, SEO, Belajar Syntax HTML, PHP, CSS, dan Aktifitas Coding Lainnya

Mengenal Fungsi Tag Heading


Apa itu tag heading?


Tag HTML Heading didefinisikan dengan <h>, dimulai dari <h1> sampai <h6>. Kalau dalam bahasa saya, heading bisa disebut sebagai judul besar, judul utama dari pokok pikiran satu atau beberapa paragraf. <h1> adalah heading utama yang paling besar, sedangkan <h6> adalah yang terkecil. Ingat ! jangan kebalik lho, semakin besar angkanya justru semakin kecil size nya.


Contoh Penggunaan Tag Heading


Contoh penggunaannya bisa dilihat dari ilustrasi dokumen html di bawah ini :

<!DOCTYPE html> 
<html> 
<body> 

<h1>Aku adalah heading satu</h1>
<h2> Aku adalah heading dua</h2>
<h3> Aku adalah heading tiga</h3> 
<h4> Aku adalah heading empat</h4> 
<h5> Aku adalah heading lima</h5> 
<h6> Aku adalah heading enam</h6> 

</body> 
</html>

Maka hasilnya akan tampak seperti ini :

Aku adalah heading satu

Aku adalah heading dua

Aku adalah heading tiga

Aku adalah heading empat

Aku adalah heading lima
Aku adalah heading enam

Aturan Penulisan Tag Heading


Sebaiknya penggunaan tag heading ini sesuai urutan. Seperti Judul dan sub-sub judul pada aturan penulisan ilmiah. Artinya, diurutkan dari heading pertama, kedua, dan seterusnya sampai heading ke enam. Jadi jangan loncat-loncat semaunya.

Dan ingat, jangan gunakan tag heading untuk memperbesar atau mempertebal teks yang bukan dalam posisi heading. Hanya gunakan tag heading ini untuk posisi heading. Karena ternyata search engine menggunakan tag heading ini untuk mengindeks struktur dan konten suatu web. Maka penting membuat judul dan sub judul yang sesuai dengan konten menggunakan tag heading ini. Karena salah satu kriteria tulisan yang disukai oleh mesin pencari adalah penggunaan tag heading yang tepat dalam tulisan. Para webmaster bahkan memanfaatkannya untuk optimasi SEO.



0 Komentar untuk "Mengenal Fungsi Tag Heading"

Back To Top